Dilaunching, KM Sabuk Nusantara 111 Resmi Beroperasi


KOTABARU, MK - Launching Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 digelar Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan di Pangkalan Pelabuhan Pelindo III Kotabaru Stagen, Jumat (22/10/2021) sore.

Launching dilakukan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Mugen Sartoto bersama Sekdakab Kotabaru, Said Akhmad, Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin, Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin, KSOP Kelas III Kotabaru – Batulicin serta Forkopimda.

Untuk rute KM Sabuk Nusantara 111 ini, yakni Kotabaru - Tanjung Samalantakan - Tanah Grogot – Balikpapan – Tanah Grogot – Tanjung Samalantakan – Kotabaru, dan Mamuju – Kotabaru, Kantor KSOP Kelas III Kotabaru – Batulicin. Kini memiliki 3 buah kapal perintis.

Dengan beroperasinya KM Sabuk Nusantara 111 ini telah mendukung keberlangsungan konektivitas kelancaran orang dan barang wilayah terpencil di Kotabaru.

Mugen Sartono mengatakan, sebelumnya rute trayek R12 sudah ada, sembari menunggu selesainya dibangun KM Sabuk Nusantara 111.

Dengan dioperasikannya KM Sabuk Nusantara 111, jelas pemerintah hadir untuk membantu kebutuhan masyarakat dalam hal kebutuhan sarana di laut. KM ini berkapasitas penumpang 400 orang.

"Kita berharap kehadiran KM Sabuk Nusantara 111 ini dapat membantu memenuhi kebutuhan transportasi laut, yang saat ini komersilnya belum terlaksana. Jadi kita hadir untuk membantu kebutuhan masyarakat di kepulauan," ucapnya

Sekda Kotabaru, Said Akhmad mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas beroperasinya KM Sabuk Nusantara 111 yang telah lama menunggu beroperasinya kapal ini.

Said berharap, kehadiran kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 ini dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan para penumpang.[zainuddin]

 
By metrokalimantan.com
loading...