Kunker, Komisi III DPRD Barsel Bahas Dana BOK


BUNTOK - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Palangka Raya. Kunjungan kerja dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai pada 24 Januari 2023.

Ketua Komisi III DPRD Barsel, Hermanes mengatakan, Komisi III Kunker ke Dinas Kesehatan Provinsi di Palangka Raya, dalam rangka konsultasi masalah dana BOK.

“Kami juga meminta Dinas Kesehatan Barito Selatan mendampingi kami untuk ikut dalam kunker tersebut," ungkapnya, Senin (30/1/2023).

Hasil dari kunker Komisi III DPRD Barsel selama 4 hari ke kota Palangka Raya tersebut dituangkan Hermanes pada wacana prosedural, di mana Dana BOK itu tidak lagi disalurkan melalui Dinas Kesehatan, melainkan disalurkan langsung pada rekening Puskesmas/Posyandu masing-masing. 

Dana BOK tersebut diharapkan dapat membantu pelayanan kesehatan dan benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

Ia mengimbau agar pengelolaan dana BOK jangan sampai disalahgunakan dan harus dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

Ketua Bampemperda DPRD Barsel, H Raden Sudarto menerangkan, Dana BOK ini memang ada Juknisnya, dengan kata lain anggaran tersebut disalurkan langsung ke masing-masing Puskesmas sebagai penggunanya.

“Oleh karena Juknisnya ada, jadi programnya sudah pasti dari Pusat yang menjadi satu sampai ke daerah, atau bisa dikatakan hal tersebut sudah linear dari segi kegunaannya dalam pandangan khalayak umum," pungkasnya.[deni]


By metrokalimantan.com
loading...