Virtual, Wagub Kalteng Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

MENDAGRI Tito Karnavian saat memimpin Rakor Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, dan peserta rakor.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Secara virtual, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H Edy Pratowo hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual dari Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur setempat, Selasa (24/1/2023). 

Di Aula Jayang Tingang tersebut juga dihadiri Plh Sekda Provinsi Kalteng Leonard S Ampung, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi terkait, serta perwakilan unsur Forkopimda. 

Saat memimpin rakor tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia sudah cukup baik, yakni diatas 5 persen pada triwulan akhir tahun 2022. 

"Kita sangat bagus dibandingkan negara-negara lain yang jauh di bawah 5 persen, tidak banyak negara yang pertumbuhan ekonominya di atas 5 persen," kata Tito.

Disebutkan Tito, inflasi nasional masih relatif terkendali yaitu 5,51 persen di akhir tahun, dimana sebelumnya inflasi pada bulan September 5,8 persen, bulan Oktober 5,7 persen, November 5,44 persen, dan Desember 5,5 persen.

"Tahun ini BPS akan menambah 60 kabupaten sehingga ada 160 kabupaten/kota yang nantinya jadi sampel untuk inflasi angka nasional," beber Tito.

Pada kesempatan itu, Tito menegaskan agar Pemerintah Daerah harus turun ke lapangan untuk melihat langsung kondisi di lapangan. 

"Jangan hanya di belakang meja menerima laporan, tetapi harus cek langsung benar atau tidak datanya," tandas Tito.

Rakor ini juga dihadiri secara virtual, diantaranya Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Kasan, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional I Gusti Ketut Astawa, Plt Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pangan Nasional M Habibullah, Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian Fadjry Djufry, Satgas pangan, serta Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia.[kenedy/adv]


By metrokalimantan.com
loading...